Total Penayangan

Followers

11 February 2012

Pengalaman mengganti font blog standar dengan font google webfont

Lihat sana sini lewat mbah google banyak trik yang menyuguhkan bagaimana mempercantik blog dengan menggunakan font yang tersedia di google web font, langkah demi langkah dilakukan dan hasilnya taraaaaa..... lumayan mengaggumkan, blog title saya berubah jenis font-nya, begitu juga dengan semua huruf di blog saya.

Cerita punya cerita saya menggunakan font "ubuntu mono" untuk family font body blog dan condiment untuk judul blog saya. Posting pertama saya dilakukan sebelum saya mengotak atik keluarga fontnya, terlihat ditampilan yang dipenggal jenis hurufnya sesuai yaitu ubuntu mono, tapi pada tampilan post penuh hurufnya berubah seperti semula yaitu helvetica, walah walah ko begini.... maklum baru di dunia blogging yang pake acara otak atik css xml blog template lumayan memusingkan, tanya ma mbah google saya tak punya kata kunci yang tepat mengarah ke permasalahan saya, dideskripsikan secara gamblang malah kemana mana rujukannya, mencari di search engine dengan banyak keyword memang membuat bingung.....

Akhirnya saya berinisiatif mengedit entri post yang saya telah tayangkan dengan font helvetica tadi.... dicoba dilihat di edit HTMLnya ternyata memang font familynya merujuk kesana, tapi anehnya kenapa ada tampilan yang dipenggal menampilkan jenis huruf ubuntu mono dan dibaca selengkapnya berubah jadi helvetica?  akhirnya saya coba ganti font family yang tertera di edit HTML tadi, paragraf demi paragraf yang ada font family helvetica saya ganti dengan font ubuntu mono dari google webfont, dan hasilnya segala puji untukNya yang tak menganugrahkan otak yang tak terlalu bebel.... berhasil.... terselesaikan...... hufth.....
Baca selengkapnya »

10 February 2012

Reka aksara

Rekaan.blogspot.com begitulah alamat blog ini, dengan visual yang ala kadarnya sebuah blog ini dibuat. Ada maksud khusus dalam pembuatan blog ini selain berkeinginan mempunyai sarana untuk menulis, berbagi cerita dan mengekspresikan niat,sikap dan ucap dalam mengarungi dan menata hidup juga sedikit ingin memelajari ilmu design web dan berbagai pernak perniknya.

Seperti kata pepatah sunda, "hirup lumaku kudu ngigelan jaman, ngindung ka waktu mi bapa ka jaman". Yang kurang  lebih maksudnya adalah kita harus bisa menjawab tantangan jaman dewasa ini.  Tetapi dalam menanggapi pepatah tersebut kita seharusnya berpegang pada akidah, aturan yang menurut nurani dan kebiasaan dianggap sesuai dan berkesesuaian dengan mengacu pada "dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung", hal ini sangatlah perlu diperhatikan mengingat niat, sikap dan ucap yang menentukan kualitas kita yang sesuai dan berkesuaian.


Baca selengkapnya »
home